Saturday, December 13, 2008

Asah Empati dalam Berkomunikasi :)




Empati berbeda dengan simpati. Saat bersimpati kita larut dalam kondisi yang dialami lawan bicara. Sementara, ketika berempati kita tidak begitu saja larut tetapi memahami sepenuhnya kondisi lawan bicara. Dengan begitu, kita tetap bisa memandang suatu kondisi secara objektif.

Nah, ciri-ciri orang yang berempati adalah:

Sadar bahwa ketika bertatap muka, dia tidak boleh memfokuskan perhatiannya ke diri sendiri.

Memperhatikan detail, memanfaatkan waktu untuk memperhatikan sekeliling, dan mendengarkan suara-suara yang ada di sekelilingnya.

Mengobservasi dan menginterpretasikan bahasa tubuh

Memperhatikan ungkapan-ungkapan yang tidak direspons orang lain

Mampu membaca hal-hal yang tersirat

Merespek focus dan minat orang lain dan berusaha untuk tidak melanggar privasi orang lain.

Mampu membuat orang lain merasakan respek dan penghargaan dari dirinya


Source Book : Gaul, Meraih Lebih Banyak Kesempatan by Eileen Rachman & Petrina Oemar.

No comments: