Monday, July 23, 2012

Fadhilah Silaturahiim ♥

Dalam ajaran Islam, silaturahim sangat besar manfaatnya, antara lain dapat mempercepat datangnya kebaikan, memperpanjang umur, dan melapangkan rezeki. Ada dua hadits yang menjelaskan keutamaan (fadhilah) bersilaturahim.




Rasulullah saw bersabda, "Sesuatu yang paling cepat dapat mendatangkan kebaikan adalah balasan (pahala) orang yang berbuat kebajikan & menghubungkan tali silaturahim, sedangkan yang paling cepat mendatangkan kejahatan ialah balasan (siksaan) orang yang berbuat jahat dan memutuskan hubungan kekeluargaan." (H.R. Ibn Hibban).

Adapun hadits kedua berupa dialog yang terjadi antara Rasulullah saw dan para sahabatnya, sebagai berikut:


Maukah kalian aku tunjukkan amal yang lebih besar pahalanya daripada shalat dan shaum? tanya Rasulullah kepada sahabat-sahabatnya.
"Tentu saja ya Rasulullah, " jawab para sahabat

Rasulullah kemudian menjelaskan, "Engkau damaikan orang yang bertengkar, menyambung persaudaraan yang terputus, mempertemukan kembali saudara-saudara yang terpisah, dan menjembatani berbagai kelompok dalam Islam serta mengukuhkan ukhuwah di antara mereka adalah amal sholeh yang besar pahalanya. Barangsiapa yang ingin dipanjangkan usianya dan dibanyakkan rezekinya, hendaklah ia menyambungkan tali persaudaraan (silaturahim)."
(H.R. Bukhari dan Muslim)



No comments: