Friday, April 13, 2007

Menulis :)


Menuangkan ide, pikiran, opini, cerita sehari-hari ataupun imajinasi ke dalam sebuah tulisan buatku tidak mudah bahkan sampai saat ini. Mungkin karena jemariku sudah lama sekali tidak mengakrabkan diri dan menyengajakan diri untuk menulis. Yah menulis tentang apa saja. Bahkan diaryku saja kadang berminggu-minggu bahkan sampai hitungan bulan baru aku goreskan lagi cerita di dalamnya. Padahal dulunya, aku suka sekali berbagi cerita dengannya :)

Tentang menulis,aku jadi teringat seorang teman yang pernah mengajakku untuk menulis. Demi memotivasiku ia bahkan akan memperkenalkan aku dengan penerbit kenalannya jika saja tulisanku sudah rampung. Aku menolaknya dengan halus, alasanku belum ada waktu saat itu. Sebenarnya, kalo mau jujur, aku sebenarnya gak tau aku mau nulis apa hehehehe. Boro-boro mau diterbitin jadi sebuah buku, nulis beberapa paragraph untuk kolom opini sebuah surat kabar saja, mungkin aku belum mampu.

Kali ini aku mau membiasakan diri untuk menulis meski hasilnya masih amburadul. Satu hal yang membuat semangatku bangkit untuk menulis sehabis membaca buku “Menulis Sangat Mudah” karangan Ersis Warmansyah Abbas. Menurutnya, menulis jauh lebih terhormat (walaupun hasilnya belum sempurna) daripada ngomong belaka, karena keberadaan tulisan melampaui batas ruang dan waktu. Ketika penulisnya sudah tiada, gagasan/ide/pendapatnya masih dapat dibaca oleh generasi demi generasi berikutnya.

Tapi ini bukan soal terhormat atau enggaknya menulis itu sampe aku tertarik untuk menulis. Alasanku sebenarnya sederhana aja, aku cuma yakin bahwa pekerjaan menulis itu pasti akan banyak manfaatnya, entah itu mengasah otak, sebagai media alternatif berbagi pandangan dengan org2 lain atau sekedar menuangkan cerita, pemikiran dan imajinasi. Dan setelah akhirnya sering dilakoni, ternyata menulis itu menyenangkan dan mengasyikkan hehehehe.

1 comment:

aguSHery said...

jadi inget perkataan bang bondan winarno sang pakar kulinee, bahwa "pekerjaan apapun bisa mengenal kata pensiun, tapi tidak dengan penulis"...

nah ini nih, kalo yg lain ikut program pensiun dini dengan ikutan program yang bombastis saat ini, jadilah penulis...insyaalloh bermanfaat dan bisa mandiri secara finansial....halah...mulu banget ya :D

mengedit itu mengenyangkan...loh itu kan moto edittag :D